Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia, terutama bagi pecinta alam dan tanaman hias. Salah satu hal menarik yang bisa ditemui di kebun raya ini adalah Kokedama, sebuah seni tanaman hias asal Jepang yang semakin populer di kalangan penikmat tanaman.

Kokedama berasal dari kata “koke” yang artinya lumut dan “dama” yang berarti bola. Sehingga Kokedama bisa diartikan sebagai bola tanaman yang dibalut oleh lumut. Teknik pembuatannya pun cukup unik, dimana tanaman akan di balut oleh campuran tanah dan lumut yang kemudian dibentuk menjadi bola. Kokedama biasanya diikat dengan tali atau benang sehingga bisa digantung atau diletakkan di atas pot.

Seni Kokedama ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17 di Jepang dan semakin populer di kalangan pecinta tanaman hias di berbagai belahan dunia. Banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan Kokedama, mulai dari tanaman hias kecil seperti sukulen dan kaktus hingga tanaman hias yang lebih besar seperti paku-pakuan dan tanaman merambat.

Di Kebun Raya Cibodas, pengunjung bisa melihat berbagai macam Kokedama yang dipajang di berbagai sudut kebun. Selain sebagai dekorasi, Kokedama juga bisa menjadi alternatif untuk menanam tanaman hias di rumah dengan cara yang unik dan menarik. Selain itu, Kokedama juga dinilai lebih ramah lingkungan karena tanpa menggunakan pot plastik yang bisa mencemari lingkungan.

Jika Anda tertarik untuk belajar membuat Kokedama sendiri, di Kebun Raya Cibodas juga sering diadakan workshop atau pelatihan Kokedama bagi pengunjung. Dengan mengikuti workshop ini, Anda bisa belajar teknik pembuatan Kokedama dari ahlinya dan membawa pulang hasil karya sendiri.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas jangan lupa untuk melihat dan mengenal lebih jauh tentang seni tanaman hias Jepang yang unik ini. Siapa tahu, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri Kokedama untuk mempercantik rumah atau taman Anda. Selamat mencoba!